Senin, 08 Oktober 2012

Tugas Pengantar Administrasi Dan Manajemen

Tugas :
  1. Deskripsikan secara singkat berbagai istilah administrasi yang dikenal di masyarakat ?
  2. Bacalah buku yang bisa Anda, ambil minimal 3 (tiga) definisi administrasi dari para ahli, kemudian tunjukkan karakteristik dasar yang terdapat didalamnya dan buat definisi Anda sendiri !

Jawab :

1. a) Administrasi Kesehatan Masyarakat = Administrasi kesehatan masyarakat yaitu kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama untuk mencapai tujuan pelayanan kesehatan sebaik-baiknya sehingga tercapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.
     b) Administrasi Pendidikan = Segenap proses dan pengintegrasian segala sesuatu, baik personal, spiritual maupun material yang bersangkut paut dengan pencapaian tujuan pendidikan. Jadi dalam proses administrasi pendidikan segenap usaha orang-orang yang terlibat di dalam proses pencapaian tujuan pendidikan itu diintegrasikan, diorganisasi dan dikoordinasi secara efektif, dan semua materi yang diperlukan dan yang telah ada dimanfaatkan secara efisien.
     c) Administrasi Keuangan Negara = Semua hak dan kewajiban yang dapat dinilai dengan uang, demikian pula segala sesuatu baik uang maupun barang yang dapat dijadikan milik Negara, berhubungan dengan pelaksanaan hak dan kewajiban dimaksud.

2. Definisi Administrasi menurut beberapa ahli :
  • Menurut Dwight Waldo dalam bukunya ”The Study of Public Administrasi”(1995) disebutkan bahwa administrasi ialah kegiatan kerja sama secara rasional yang tercermin pada pengelompokkan kegiatan menurut fungsi yang dilakukan.
  • Menurut Robert D. Calkins dalam bukunya “The art of Administration and and the art of science” (1959) menyebutkan administrasi sebagai kombinasi antara pengambilan keputusan dengan pelaksanaan dari keputusan tersebut untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Olehnya selanjutnya disebutkan bahwa dalam administrasi ada tiga unsur pokok yang harus terpenuhi :
    1. Menetapkan tujuan yang ingin dicapai
    2. memilih jalan yang akan ditempuh atau alat yang akan dipergunakan
    3. mengarahkan manusia atau kelompok manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan tersebut.
  • Menurut The Liang Gie dalam bukunya Pengertian Kedudukan Ilmu Administrasi menyebutkan bahwa administrasi adalah segenap rangkaian penataan terhadap pekerjaan pokok yang dilaksanakan oleh sekelompok orang dalam bekerjasama untuk mencapai tujuan tertentu.
Definisi Saya mengenai Administrasi :
"Suatu proses kerjasama antara dua orang atau lebih yang menginginkan sebuah tujuan bersama yang memanfaatkan semua sumber dan fasilitas yang ada untuk mencapai tujuan yang efektif dan efisien."


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan baca dan komentari kalo perlu


semoga bermanfaat