Rabu, 03 April 2013

Renaissance

       Renaissance muncul akibat dari ketidaksepakatan antara beberapa tokoh dengan ordo gereja. Pada jaman tersebut, hampir seluruh kegiatan aspek hidup manusia diatur dan dipedomani oleh keputusan Gereja. Dominasi gereja pada saat itu amat kuat. Agama Kristen mempengaruhi berbagai kebijakan yang ada. Dapat dikatakan bahwa penguasa tidak ada apa apanya dibandingkan dengan pihak gereja pada saat itu. Berbagai hal akan dilakukan pihak gereja untuk menunjukkan dominasinya, tetapi jika ada pihak yang tak setuju, maka akan dibalas dengan perbuatan yang tak sepantasnya dilakukan.

       Kehidupan saat itu mendapatkan doktrinasi dari pihak gereja. Kehidupan saat itu seolah olah telah diatur oleh Tuhan lewat perpanjangan tangan melalui gereja. Pemikiran tentang ilmu pengetahuan hanya sebatas pada Teologi semata. Pemikiran pada saat itu hanya mengacu kepada pembenaran ajaran agama dan untuk alat bukti. Oleh karena itu, zaman tersebut disebut Dark Age.

       Dengan adanya pembatasan yang sangat dominan yang dilakukan oleh pihak gereja, maka disitulah muncul semangat Renaissance. Budaya Renaissance muncul pertama kali di Italia. Renaissance mucul akibat tumbuhnya kota perdagangan yang mengubah pola pikir manusia pada saat itu. Juga timbul karena penghapusan stratifikasi sosial.

       Dampak Renaissance :
  • Munculnya aliran baru yang mementingkan kebebasan akal
  • Renaissance membentuk masyarakat perdagangan yang berdaya maju
  • Banyak melahirkan tokok pemikir seperti Leonardo Da Vinci dan Michelangelo
  • Renaissance banyak melahirkan tokoh perubahan dan melahirkan masyarakat yang beradab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

silahkan baca dan komentari kalo perlu


semoga bermanfaat